Whatsapp
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

pH Meter: Pengertian, Asal Usul, Cara Kerja, Fungsi, | Harga pH Meter Air Hanna | Jual pH Meter | Hidroponik | Ady Lab

Alat Laboratorium, pH Meter,
Mau tahu berapa harga pH meter HI 8424 ini?
Pengertian pH Meter

pH meter adalah Alat Laboratorium yang cukup terkenal dan sering dipakai mulai di rumah-rumah untuk mengecek pH air, depot isi ulang, kolam renang, hingga industri.



Pengertian PH meter adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur pH (derajat keasaman atau kebasaan) suatu cairan (ada elektroda khusus yang berfungsi untuk mengukur pH bahan-bahan semi-padat).

Sejarah pH Meter
Alat Laboratorium, pH Meter,
Harga pH meter Apera PH 20 ini murah loh! Cocok untuk aquarium, kolam ikan, hidroponik dan lain-lain
Alat pH meter sebenarnya cukal bakalnya sudah dimulai sejak lama. Kala itu, di tahun 1906, pH meter sistem elektrik ditemukan pertama kalim oleh Max Cremer.

Cremer mencoba melihat hubungan antara ion hidrogen dengan arus listrik.

Ternyata, percobaannya membuah hasil. Cremer melihat terjadi tegangan listrik dari interaksi aktivitas ion hidrogen yang dihubungkan ke sebuah sel.

Baca juga alat lab Ady Water yang lainnya:
Inilah Spesifikasi Canggih Merek DO Meter Ady Lab | Harga DO Meter
Tempat jual DO Meter Lutron di Bandung

Dalam percobaan itu perangkat yang dipakai Cremer adalah gelembung kaca tipis yang diisi larutan, yang selanjutnya disatukan bersama larutan lain. Dari sinilah, kemudian tegangan listrik itu muncul.

Harga pH Meter Air 0821 4000 2080

Temuan Cremer menginspirasi Firtz Haber dan Zygmunt Klemsiewcz. Mereka mengembangkannya dan kemudian tercapai kesimpulan adanya fungsi logaritma yang dihasilkan oleh gelembung kaca tersebut.


Akhirnya, temuan tersebut berkembang dari tahun ke tahun. Arnold Orville Beckman, seorang asisten profesor Kimia di California Institue of Technology, menemukan cara yang akurat dan tepat untuk mengukur derajat keasaman.

Percobaannya dilakukan pada jus lemon produksi California Fruit Growers Exchange, yang dikenal membawa merek Sunkist. Jus tersebut diukur dan didapatkan derajat keasamannya.

Temuan ini lantas membuat Beckman membawanya ke ranah komersial dan jadilah perusahaan Beckman Instruments Company, yang sekarang dikenal dengan Beckman Coulter.

Tahun 1936, alat ini dirilis di Amerika Serikat. Sementara itu, di Denmark, alat pH meter dibuat oleh perusahaan Radiometer dan dijual pada tahun yang sama.

Alat pH meter mempunyai prinsip kerja mengukur derajat keasaman berdasarkan potensial elektro kimia yang muncul antara larutan dalam elektroda gelas dengan larutan di luar elektroda ge;as yang tidak diketahui.

Lapisan tipis ada gelembung kaca  bereaksi bersma ion hidrogen kecil namun aktif.

Selanjutnya, potential of hydrogen terlihat dari situ, yaitu elektroda gelas mengukur potensial elektrokimia yang keluar dari ion hidrogen.

Elektroda pembanding juga disiapkan agar sirkuit elektrik menjadi lengkap. Yang diukur oleh pH meter adalah tegangan listriknya, bukan arusnya.

Cara Kerja PH Meter dan Kalibrasi
Alat Laboratorium, pH Meter,
Mau tahu harga pH meter IONIX PH-1 ini tanykan ke Ady Water
pH meter yang biasa terdiri dari pengukuran probe pH (elektroda gelas) yang terhubung ke pengukuran pembacaan yang mengukur dan menampilkan pH yang terukur.

Harga pH Meter Air 0821 4000 2080

Prinsip kerja dari alat ini yaitu semakin banyak elektron pada sampel maka akan semakin bernilai asam begitu pun sebaliknya, karena batang pada pH meter berisi larutan elektrolit lemah.

Alat ini ada yang digital dan juga analog. pH meter banyak digunakan dalam analisis kimia kuantitatif.


Probe pH mengukur pH seperti aktifitas ion-ion hidrogen yang mengelilingi bohlam kaca berdinding tipis pada ujungnya. Probe ini menghasilkan tegangan rendah (sekitar 0.06 volt per unit pH) yang diukur dan ditampilkan sebagai pembacaan nilai pH.

Rangkaian pengukurannya tidak lebih dari sebuah voltmeter yang menampilkan pengukuran dalam pH selain volt.

Pengukuran Impedansi input harus sangat tinggi karena adanya resistansi tinggi (sekitar 20 hingga 1000 MΩ) pada probe elektroda yang biasa digunakan dengan pH meter. 

Rangkaian pH meter biasanya terdiri dari amplifier operasional yang memiliki konfigurasi pembalik, dengan total gain tegangan kurang lebih -17.

Amplifier meng-konversi tegangan rendah yang dihasilkan oleh probe (+0.059 volt/pH) dalam unit pH, yang mana kemudian dibandingkan dengan tegangan referensi untuk memberikan hasil pembacaan pada skala pH.

Untuk pengukuran yang sangat presisi dan tepat, pH meter harus dikalibrasi setiap sebelum dan sesudah melakukan pengukuran.

Untuk penggunaan normal kalibrasi harus dilakukan setiap hari. Alasan melakukan hal ini adalah probe kaca elektroda tidak diproduksi e.m.f. dalam jangka waktu lama.


Kalibrasi harus dilakukan setidaknya dengan dua macam cairan standard buffer yang sesuai dengan rentang nilai pH yang akan diukur.
Alat Laboratorium, pH Meter,

Untuk penggunaan umum buffer pH 4 dan pH 10 diperbolehkan. pH meter memiliki pengontrol pertama (kalibrasi) untuk mengatur pembacaan pengukuran agar sama dengan nilai standard buffer pertama dan pengontrol kedua (slope) yang digunakan menyetel pembacaan meter sama dengan nilai buffer kedua.

Harga pH Meter Air 0821 4000 2080

Pengontrol ketiga untuk men-set temperatur.

Dalam penggunaan pH meter ini, Tingkat keasaman/kebasaan dari suatu zat, ditentukan berdasarkan keberadaan jumlah ion hidrogen dan ion hodroksida dalam larutan. Yang dapat dinyatakan dengan persamaan:

pH = – log [H+] pOH = – log [OH-] pH = 14 – pOH
Keuntungan dari penggunaan pH meter dalam menentukan tingkat keasaman suatu senyawa adalah:

  • Pemakaiannya bisa berulang-ulang
  • Nilai pH terukur relatif cukup akurat

Instrumen yang digunakan dalam pH meter dapat bersifat analog maupun digital. Sebagaimana alat yang lain, untuk mendapatkan hasil pengukuran yang baik, maka diperlukan perawatan dan kalibrasi pH meter.

Pada penggunaan pH meter, kalibrasi alat harus diperhatikan sebelum dilakukan pengukuran.

Seperti diketahui prinsip utama pH meter adalah pengukuran arsu listrik yang tercatat pada sensor pH akibat suasana ionik di larutan.

Stabilitas sensor harus selalu dijaga dan caranya adalah dengan kalibrasi alat.

Kalibrasi terhadap pHmeter dilakukan dengan: Larutan buffer standar : pH = 4,01 ; 7,00 ; 10,01

Urutannya sebagai berikut:

Sebelum menggunakan alat pH meter, terlebih dahulu lakukan proses kalibrasi.

Sesuaikan alat menggunakan standar pH (buffer pH), yaitu larutan dengan nilai keasaman yang sudah diketahui untuk berbagai tingkatan suhu.

Standar pH punya nilai yang cenderung konstan atau tetap dan tidak gampang berganti, sehingga menjadi larutan penyangga pH (buffer pH). Langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi dilakukan dengan cara berikut ini:
  • Siapkan larutan buffer pH diangka pH 7 dan pH 4.
  • Buka tutup plastik elektroda yang ada.
  • Bersihkan elektroda memakai air De Ionisasi (DI) atau air tanpa ion, lalu keringkan memakai tisu bersih.
  • Aktifkan tombol on/of pada pH meter.
  • Elektroda yang sudah bersih dimasukkan ke dalam larutan buffer dengan pH 7
  • Selanjutya, tekan tombil CAL dua kali yang dilanjutkan memutar elektroda. Tujuannya agar larutan buffer menjadi homogen.
  • Layar display akan bergerak angka. Tunggulah hingga angka tersebut berhenti bergerak atau tidak berubah angka lagi.
  • Lanjutkan dengan menekal tom CAL sekali hingga tulisan CAL pada layar display tidak berkedip lagi.
  • Setelah itu, keluarkan elektroda dari buffer pH 7 dan bersihkan air DI dan keringkan pakai tisu.
  • Lanjutkan dengan memasukkan elektroda ke dalam larutan buffer yang punya pH 4.
  • Tekan tom CAL dua kali dan putar elektroda agar larutan menjadi homogen.
  • Angka pada display akan bergerak dan tunggu hingga angka diam
  • Teruskan dengan menekan CAL sekali lagi dan biarkan sampai display tulisan CAL berhenti berkedip.
  • Angkat elektroda dari larutan pH 4, bilas dengan air DI, lalu keringkan memakai tisu.
  • Setelah itu, Anda akan melihat sebelah bawah pH meter menunjuk angka 7 dan 4. Jika tampilannya seperti itu, maka proses kalibrasi berhasil dengan buffer pH 7 dan pH 4

Harga pH Meter Air 0821 4000 2080

Ketika alat pH meter sudah dikalibrasi, maka sudah bisa digunakan untuk mengukur derajat keasaman suatu larutan lain yang belum diketahui nilainya. Untuk mengukurnya, bisa dijelaskan dengan langkah-langkah berikut ini:
  • Sediakan larutan yang akan dicari derajat keasamannya.
  • Sebelum diukur, pastikan suhu larutan itu sama dengan suhu larutan yang dikalibrasi sebelumnya. Misalnya jika kalibrasi dilakukan dengan suhu larutan 21 derajat celcius, maka demikian pula pengukuran memakai larutan dengan suhu yang sama.
  • Buka penutup elektroda, bersihkan dengan air DI, lalu keringkan elektroda memakai tisu.
  • Hidupkan pH meter dan masukkan elektroda ke larutan sampel yang diukur. Lalu, putar elektroda agar larutan menjadi homogen.
  • Teruskan dengan menekan tombol MEAS untuk mengukur. Sementara itu, pada display muncul tulisan HOLD yang berkedip. Tunggu saja sampai tulisan berhenti berkedip.
  • Setelah itu, angka pH akan muncul di layar. Pengukuran selesai dan pH meter bisa dimatikan.
Itulah penjelasan pengertian pH meter, asal-usul pH meter, cara kerja pH meter, fungsi pH meter. Lalu berapa harga pH meter air ini?

Harga pH meter air tergantung dari merek pH meter, tipe pH meter, dan aplikasi pH meter nya itu sendiri. Karena ini menentukan spesifikasi pH meter.

Harga pH Meter Air untuk Depot Air Minum Isi Ulang
Bagi Anda yang memiliki usaha depot air minum isi ulang, penting untuk memiliki pH meter air ini. Ady Water jual pH meter air untuk depot air minum isi ulang dengan merek Hanna Instrument dan Apera.
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Harga ph Meter air Horba PH 110 termurah ya beli di Indonesia
Salah satu persyaratan air minum yang aman dikonsumsi oleh manusia adalah nilai pH netral, yaitu antara 7,0-7,6.

Jika pH air minum terlalu rendah atau terlalu tinggi dan dikonsumsi terus menerus dalam waktu yang lama, maka akan menimbulkan efek negatif.

Efek air asam:
1. Rasa air minum seperti logam
2. Menimbulkan noda pada perlengkapan gelas

Efek air basa:
1. Rasa pahit
2. Akan menimbulkan scale (akumulasi kalsium)
3. Mengurangi efisiensi water heater

Oleh karena itu, air yang ber pH tinggi atau ber pH rendah harus diukur nilai pH sebelum ditreatment. Hubungi sales kami untuk mendapatkan rekomendasi pH meter untuk depot air minum isi ulang.

Harga pH Meter Air untuk Kolam Ikan
pH rendah pada air kolam dapat menimbulkan masalah pada ikan-ikan Anda. Umumnya, nilai pH air untuk kolam ikan adalah antara 6,5-8.

Namn jika pH air kolam Anda rendah, maka Anda harus menaikkannya. Cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah pH air kolam ikan Anda rendah ya dengan menggunakan pH meter air.

Tapi Anda juga dapat melihat gejala pH air kolam Anda rendah dengan melihat sikap ikan Anda, yaitu beberapa gejala berikut:
- Ikan terlihat kesal: melompat, kejang, bergoyang-goyang
- Mangap-mangap
- Ikan terlihat pucat
- Membentur-benturkan diri

Monitoring nilai pH air kolam harus dilakukan dengan periodik, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai pH air kolam, seperti hujan atau keberadaan tanaman kolam.

Harga pH Meter Air untuk Hidroponik
Bapak Ibu Om Tante mencari pH Meter kebutuhan kolam dan pH meter untuk hidroponik? Ady Water punya rekomendasi untuk orang-orang visioner seperti Anda. Mengapa kami mengatakan visioner? Lihat penjelasannya di bawah.

Sebelumnya, tahukah Bapak Ibu Om Tante apa itu Hidroponik? Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah.

Pada praktiknya, biasanya menggunakan pipa-pipa dari paralon untuk skala rumah tangga. Untuk skala bisnis, tentu instalasi tempatnya lebih profesional, dan tentunya wajib menggunakan pH Meter untuk hidroponik.

Oh ya, bagi para pebisnis kami punya harga pH Meter untuk hidroponik yang termurah looh...

Tahukah Anda bahwa bukan hanya petani atau orang rumah tangga yang mempelajari langkah menggunakan pH meter hidroponik ini loh!

Bahkan para peneliti dari lembaga antariksa NASA juga mempelajari karena mereka sedang mengembangkan tanaman hidroponik.

Ya, karena planet-planet tujuan mereka memiliki kondisi tanah yang berbeda dengan di Bumi, sehingga tidak mungkin menanam tanaman Bumi di tanah planet-planet tersebut.


Jadi Bapak Ibu Om Tante yang memiliki hobi budidaya hidroponik sebetulnya memiliki visioner loh, karena ke depannya orang akan semakin banyak menggunakan hidroponik.

Prinsipnya yaitu mengecek tingkat keasaman air yang digunakan untuk hidroponik dengan cara memasukkan elektroda / probe pH meter yang sudah dikalibrasi sebelumnya, sehingga hasil ukur tingkat keasaman nya terlihat di layar.

Jika pH air Anda lebih rendah dari target, maka Anda menggunakan pH UP, sementara jika lebih tinggi dari target pH, maka Anda menggunakan pH DOWN.

Menjaga nilai pH larutan hidroponik sangat penting karena sangat mempengaruhi daya serap nutrisi pada akar tanaman.

Nutrisi seperti potasium, natrium, bisa menjadi bentuk yang tak larut dalam air pada kondisi ekstrem asam sehingga berapa ribu ppm nutrisi Anda tambahkan selama pH larutan Anda tidak sesuai, tidak akan bisa diserap tanaman.

Baca juga spesifikasi pH Meter untuk Hidroponik.

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:

Harga pH Meter Air 0821 4000 2080

0812 2445 1004 (Kartiko)
adywater@gmail.com0813 2259 9149 (WA)

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com
http://www.pasirkuarsa.org

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.net

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:
http://www.pengolahanlimbah.com

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.uvwater.id

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung
https://goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2

Ady Water Jakarta Barat
https://goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw

Ady Gas
https://goo.gl/maps/dxH7ev1whuFVSpxv8

Ady Lab
https://g.page/ady_lab_ph_do_orp_tds_toc_meter

jual lampu UV
https://g.page/AdyWaterLampuUv

Jual Pasir Silika Aquascape
https://goo.gl/maps/4X89hJk9NtjBCHAN9

Ady Water Ciracas
https://maps.app.goo.gl/DqFug6kKjX4P3K2u9

Harga pH Meter Air 0821 4000 2080