Whatsapp
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ady Lab: Dimana Tempat Yang Jual DO Meter Lutron di Bandung? Harga DO Meter Lutron 5510

Dimana Tempat Yang Jual DO Meter Lutron di Bandung?

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan sangat bergantung pada kualitas air yang terbaik, baik air sebagai produk, sebagai media, ataupun untuk kepentingan industri, tentunya Anda harus mengetahui tempat yang jual DO meter Lutron.

Apa sebabnya? Hal ini karena yang namanya DO meter adalah salah satu alat ukur saintifik yang vital untuk mengukur parameter dissolved oxygen.

harga do meter, jual do meter lutron
Ady Water jual DO meter lutron 5510 
Parameter ini sama vitalnya dengan air itu sendiri, apalagi jika berkaitan dengan makhluk akuatik seperti pertambakan ikan, udang, kura-kura, dan lain-lain.

Lalu, pertanyaan berikutnya mengapa harus DO meter Lutron? Hal ini karena DO meter dari Lutron memiliki kualitas yang sudah terjamin.

Lutron sebagai manufaktur alat ukur saintifik mengeluarkan berbagai produk seperti pH meter, turbidity meter, conductivity meter, dan tentunya DO meter.

Jual DO Meter Lutron - 0821 4000 2080

Harga DO Meter Lutron yang relatif murah juga menjadikan merek-merek DO meter Lutron sebagai salah satu merek DO meter yang paling banyak dicari oleh industri untuk kebutuhan water treatmentnya.


Sebelum kami memberitahu mengenai spesifikasi dan harga DO meter Lutron 5510 ini, kami ingin mengingatkan Anda sekali lagi pentingnya mengukur DO.

DO atau oksigen terlarut adalah konsentrasi oksigen terlarut di dalam air, dengan satuan miligram oksigen/Liter liquid.

Parameter ini sangat penting khususnya untuk aquaculture (pembudidayaan makhluk akuatik) karena berkaitan dengan hidup dan mati makhluk tersebut.

Setiap makhluk akuatik memiliki toleransi DO yang berbeda, ada jenis ikan yang dapat bertahan dengan kadar DO yang relatif sedikit, misalnya ikan lele, tapi ada juga ikan yang tidak dapat bertahan dan sangat sensitif terhadap perubahan DO, misalnya ikan hias.


Tidak hanya untuk makhluk hidup, pengukuran DO penting di industri untuk memastikan liquid yang diukur tidak mengakibatkan korosi pada perpipaan akibat oksidasi yang dilakukan oksigen berlebih.

Nah ini adalah spesifikasi DO Meter Lutron 5510 rekomendasi Ady Water.

harga do meter, jual do meter lutron
Ady Water jual DO Meter Lutron untuk klien di Lampung
OXYGEN METER
Model : DO-5510
* -P circuit, LCD with display unit.
* Dissolved oxygen range : 0 to 20 mg/L.
* Max., Min., Memory recall button.
* DO, Oxygen in air, Temp., ATC, Auto Cal., % salt.
* Diaphragms & electrolyte included.
* Probe head with diaphragm set and electrolyte are included.

* Size : 180 x 72 x 32 mm. RS-232.

Jual DO Meter Lutron - 0821 4000 2080

Selain DO Meter Lutron 5510, kami juga jual DO Meter Lutron YK-22DO. Tapi silakan hubungi dulu untuk ketersediaan barang ini.


Bagi Anda yang berada di Bandung, tentu Anda sangat membutuhkan informasi tempat yang jual DO meter Lutron ini kan?


Agar cocok dengan kebutuhan Anda, silakan simak terlebih dahulu spesifikasi DO Meter Lutron YK-22DO
Jual DO Meter
ADYLAB jual DO meter Lutron YK-22DO

Spesifikasi dan Harga Jual DO Meter Lutron YK-22DO

DO meter Lutron ini biasa digunakan oleh klien kami untuk aplikasi polarographic aquarium, riset medis, agrikultur, pertambakan ikan, laboratorium, pengkondisian air, dan pertambangan.

Diantara fitur DO meter Lutron YK-22DO adalah sebagai berikut:
-Rentang pengukuran Dissolved Oxygen 0 - 20.0 mg/L(liter)
-Rentang pengukuran temperatur 0 - 50℃
-Akurasi Dissolved Oxygen ± 0.4 mg/L
-Dimensi 170 mm x 26 mm Dia.(6.7" x 1.0" Dia.)

Jual DO Meter Lutron - 0821 4000 2080


Apa saja aplikasi DO Meter ini? Berikut Ady Water akan menjelaskan beberapa aplikasi DO Meter:


Tanpa berpanjang-panjang lagi, ini dia 9 Aplikasi DO Meter Dari Mulai Budidaya Ikan Hingga Water Treatment Industri

1. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Budidaya Ikan, Udang, dan Makhluk Hidup Akuatik

DO meter untuk budidaya ikan dan makhluk akuatik sangatlah urgen dalam skala apapun. Bahkan bisa dibilang control dissolved oxygen adalah kunci utama dari budidaya ikan dan akuatik ini.

Pertama, Baik skala kolam ikan di rumah hingga tambak ikan besar, pengukuran dissolved oxygen sangatlah penting untuk memastikan ketersediaan oksigen agar ikan tetap hidup.

Para pemilik kolam harus memiliki informasi level DO minimal dan maksimal bagi masing-masing ikan dan makhluk akuatik yang dibudidayakan.

Hal ini karena kadar DO tidak boleh terlalu rendah maupun terlalu tinggi karena titik ekstrim keduanya membahayakan kehidupan.

Sama saja dengan manusia bukan? Manusia menghirup oksigen dengan kadar oksigen di atmosfer sebesar 20,95%.

Jika kadar oksigen kurang jauh dari itu, maka kita akan merasakan sesak karena kekurangan oksigen. Namun jika lebih jauh dari itu, justru kita akan mengalami yang namanya keracunan oksigen yang dapat merusak sel, darah, sistem saraf, mata, hingga kematian.

Hal demikian juga terjadi pada ikan dan makhluk akuatik lainnya. Anda pernah melihat ikan mangap-mangap ke permukaan bukan?
Ikan kekurangan oksigen
Gunakan DO meter begitu Anda lihat ikan Anda mangap-mangap
Jika ikan Anda mangap-mangap ke permukaan (bukan sedang pemberian makan), itu adalah tanda bahwa kadar DO pada air Anda rendah.

Hal itu memaksa ikan naik ke permukaan untuk mengambil oksigen secara langsung dari atmosfer.

Jelas, hal itu sangat tidak baik bagi ikan, karena normalnya sumber oksigen dia adalah dari air yang kemudian diikat oleh hemoglobin di filamen insang.

Jual DO Meter Lutron - 0821 4000 2080

Sementara itu, jika kadar DO pada air sangat tinggi (di atas 14 mg/L), hal ini dapat menyebabkan “gas bubble disease” atau penyakit gelembung udara.

Gelembung udara akan menyumbat aliran darah pada pembuluh menyebabkan kematian. Penyakit gelembung eksternal juga dapat timbul dan terlihat di sirip, sisik, dan daging.

Kedua, kadar DO juga mempengaruhi produktivitas dan pertumbuhan budidaya ikan dan akuatik.

Yovita John Mallya dari Kingolwira National Fish Farming Centre mempublikasikan studinya berjudul THE EFFECTS OF DISSOLVED OXYGEN ON FISH GROWTH IN AQUACULTURE (2007).

Ia melakukan percobaan dengan ikan halibut seberat 20-50 g dengan variasi saturasi oksigen pada 60%, 80%, 100%, 120% dan 140%.

Ia menemukan bahwa, dalam studinya untuk kasus ikan atlantic halibut, laju pertumbuhan yang tinggi (paling baik dalam studinya) adalah pada level oksigen antara 80% and 120%.

Mr. Brian Oram, PG dari Water Research Center juga menemukan bahwa faktor DO adalah salah satu faktor paling paling penting dalam produksi ikan.

Ada rentang toleransi untuk berbagai jenis ikan secara umum yang mendukung produksi.
Rentang toleransi DO untuk produksi ikan
Rentang toleransi DO untuk produksi ikan
Sementara untuk spesifik per jenis makhluk akuatik, berikut adalah level DO bagi beberapa jenis ikan dan makhluk akuatik yang biasa dibudidayakan yang Ady Water temukan dari berbagai sumber:


Udang: DO level 5.0-7.0 mg/L
Kepiting bakau: DO level 5.51 mg/L 
Lele Afrika: DO level 4 mg/L
Ikan Nila: DO level 6.0 – 6.5 mg/L

Perlu Anda ingat juga, bahwa pengukuran DO satu titik pada kolam ikan tidak merefleksikan kadar DO di seluruh wilayah dalam kolam ikan.

Misalnya, di titik menjelang dasar kolam jelas kadar DO nya jauh lebih rendah dibandingkan dengan titik dekat permukaan kolam.

Di titik yang melawan arah angin kadar DO nya lebih rendah dibandingkan dengan titik yang searah angin.

Kadar DO pada fajar jauh lebih rendah dibandingkan dengan menjelang terbenam matahari, karena fotosintesis terjadi pada siang hari sementara pada malam hari tidak.

2. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Filter Air Minum

Air minum botol
Air minum botol
Air minum dengan level DO tinggi bagus karena akan memberikan rasa yang lebih baik. Namun, level DO yang tinggi akan mempercepat pengaratan pada perpipaan.

Oleh karena itu, industri yang memproduksi air minum biasanya menggunakan boiler bertekanan rendah dengan kadar DO dijaga tidak lebih dari 2.0 ppm.

Namun, ada juga air minum yang dijual dengan label AIR OKSIGEN. Memang, bisa jadi kadar DO pada air minum tersebut dibuat lebih tinggi dibandingkan air mineral biasanya. Tapi selisih level DO nya tidak lah terlalu signifikan.

Ady Water jual DO Meter Lutron 5510 ini untuk filter air minum untuk dapat mengukur nilai DO dengan akurat.

Apalagi untuk skala industri, konsistensi nilai DO pada produksi air minum dalam kemasan harus dijaga dan pengukuran DO dilakukan secara periodik.

Jual DO Meter Lutron - 0821 4000 2080

Ady Water selain jual DO meter Lutron 5510 juga dapat mendemonstrasikan cara penggunaan dan kalibrasi DO meter di kantor Ady Water Bandung atau Anda bisa lihat review alat-alat lab di channel Youtube kami,

Youtube Ady Water

3. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Hidroponik

Pada sistem hidroponik, tanaman ditumbuhkan dalam lingkungan tanpa tanah. Sumber nutrisi esensialnya berasal dari larutan nutrisi.

Para petani hidroponik biasa mengontrol parameter air seperti pH, EC/TDS, dan konsentrasi nutrisi spesifik. Namun, terkadang ada parameter yang kurang diperhatikan yaitu dissolved oxygen.

Oksigen ini penting untuk perkembangan akar, baik untuk respirasi aerobic akar dan untuk memberikan lingkungan yang mendukung untuk bakteri aerobic.

Kekurangan kadar oksigen akan mengakibatkan akar kurang berkembang, penyerapan nutrisi yang terbatas, serta bertambahnya populasi bakteri dan jamur yang tidak diinginkan.

Dalam blog yang dikeluarkan oleh Hanna Instruments, direkomendasikan kadar DO dijaga lebih besar dari 5 mg/L dengan cara aerasi.

Jika Anda menghubungi tempat jual DO Meter Ady Water, kami bisa merekomendasikan harga DO Meter untuk hidroponik tergantung skala hidroponik Anda.

Karena untuk hidroponik skala rumahan dan hidroponik skala bisnis spesifikasinya berbeda.

Untuk kebutuhan hidroponik, ada alat lab yang melengkapi untuk kontrol parameter air yaitu TDS Meter. Ady Water jual TDS meter untuk hidroponik baik merek Apera, Ionix, Hanna, Lutron, dan lain-lain.
Ady Water Jual TDS meter untuk hidroponik ke Sukabumi

4. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Pengolahan Air Limbah (WWTP / Wastewater Treatment Process)

Salah satu metode pengolahan air limbah adalah menggunakan bakteri limbah. Setelah meninggalkan tahapan treatment utama, limbah dipompa ke tangki aerasi.

Lumpur diisi oleh bakteri dan dicampur dengan oksigen murni untuk mempercepat proses oksidasi dengan memberikan oksigen pada bakteri aerobik.

Bakteri aerobik ini berperan untuk merubah limbah organic menjadi byproduk anorganik.

Dalam publikasi berjudul Dissolved Oxygen Measurement in Wastewater Treatment yang dikeluarkan emerson.com, sebagian besar plantasi menjaga kadar DO sekitar 2 mg/L.

Dengan mengukur nilai DO pada tangki aerasi, pengolahan limbah industri bisa lebih efisien. Tidak akan terjadi pembuangan anggaran terlalu besar karena penggunaan daya yang melebihi kebutuhan.

Jual DO Meter Lutron - 0821 4000 2080

Pengalaman Ady Water saat berkunjung ke suatu industri di daerah Bandung Barat, secara visual kami melihat aerasi nya pada tangki nya terlalu besar, bisa mencapai 7 mg/L.

Jika engineer nya mengukur DO pada tangki aerasi, maka ia bisa menurunkan daya pompa aerasi hingga batas optimal.

Ady Water jual DO Meter Lutron untuk pengolahan limbah industri.

5. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Penelitian Laboratorium

Tersedia dua tipe DO meter: bench-top dan pocket. Kebanyakan Dissolved oxygen untuk laboratorium adalah bench-top, sementara untuk kebutuhan lapangan adalah pocket.

Studi terhadap parameter DO meliputi bidang akademik yang sangat luas. Pemahaman terhadap DO meliputi mulai dari program studi environmental, teknik kimia, hingga mikrobiologi.

Ady Water jual DO meter Lutron dengan berbagai rentang pengukuran DO, dari 0-20 mg/L hingga 0-50 mg/L.

6. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Pembangkit Listrik

Dissolved oxygen adalah kontributor utama penyebab korosi / pengaratan pada pembangkit listrik. Keberadaan DO tergantung parameter desain dan bahan kimia yang dipakai.

Plantasi menggunakan treatment oksigenasi biasanya bekerja dengan air umpan berkonsentrasi antara  50 - 200 ppb oksigen.

Di sisi lain, pembangkit listrik dengan bahan larutan kimia tipe “All Volatile Treatment” (AVT) dikontrol dengan sistem siklus bertekanan tinggi dengan air umpan berkonsentrasi di bawah 5 ppb.

Jika kadar oksigen berlebih maka akan menghasilkan karat pada perpipaan dan boiler. Tentu saja, DO meter untuk pembangkit listrik ini adalah DO meter khusus, bukan yang biasa dijual di pasaran.

7. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Manufaktur Produk Fermentasi dan Budidaya Sel

Produk ini termasuk yogurt, probiotic, keju, mentega, dan setiap produk yang dibuat dengan metode fermentasi dan budidaya sel (cell culture).

Dalam fermenter / bioreactor, kadar DO rendah dapat mempengaruhi laju pertumbuhan, penerimaan nutrisi, perubahan selular da sintesis metabolit, menghasilkan produk dengan kualitas yang rendah.

Sementara, kadar DO tinggi menyebabkan pembentukan oksigen reaktif yang dapat mengoksidasi komponen dalam medium yang menyebabkan mutase sel.

Oleh karena itu, pengontrolan kadar DO secara akurat sangat dibutuhkan dalam menghasilkan produk fermentasi yang berkualitas khususnya untuk konsumsi manusia

8. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Industri Soft Drink

Pengontrolan kadar DO pada produksi soft drink dibutuhkan untuk menjaga korosi kaleng oleh air minuman berkarbonasi.

Air soda biasanya memiliki kadar DO di bawah 4 mg/L. Jahagirdar dkk (2015) melakukan studi parameter air pada beberapa merk soft drink dan hasilnya adalah sebagai berikut (untuk parameter DO)

7-up 2.8 ppm
Appy Fizz 3.1 ppm
Coca-Cola 3.1 ppm 
Duke 3.6 ppm
Mirinda 1.6 ppm
Mountain Dew 1.6 ppm
Pepsi 2.8 ppm
Slice 3.2 ppm
Sprite 3.0 ppm
Thumbs-up 2.8 ppm

Ady Water jual DO Meter Lutron untuk industri soft drink yaitu DO Meter Lutron 5510.

9. Ady Water Jual DO Meter Lutron untuk Industri Tekstil

PT Kahatex, salah satu pabrik tekstil di Jabar
PT Kahatex, salah satu pabrik tekstil di Jabar
Salah satu industri yang menggunakan air dalam jumlah sangat banyak adalah industri tekstil.

Air digunakan dalam proses pewarnaan, pencetakan, pembilasan, pengukuran, pemutihan, finishing, dan lain-lain.

Air yang digunakan akan sangat berpengaruh baik pada pengaratan boiler maupun pada produk tekstil yang diproduksi.


Untuk mengontrol kadar DO pada industri tekstil, biasanya digunakan sodium sulfit dan resin water softener untuk mencegah korosi karena keberadaan DO.

Berapa harga DO Meter Lutron YK-22DO maupun DO Meter Lutron 5510 ini? Silakan hubungi Ady Lab di:

Jual DO Meter Lutron - 0821 4000 2080

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
0821 4000 2080 (Fajri)
0812 2445 1004 (Kartiko)

0813 2259 9149 (WA)

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com
http://www.pasirkuarsa.org

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.net

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:
http://www.pengolahanlimbah.com

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.uvwater.id

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung
https://goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2

Ady Water Jakarta Barat
https://goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw

Ady Gas
https://goo.gl/maps/dxH7ev1whuFVSpxv8

Ady Lab
https://g.page/ady_lab_ph_do_orp_tds_toc_meter

jual lampu UV
https://g.page/AdyWaterLampuUv

Jual Pasir Silika Aquascape
https://goo.gl/maps/4X89hJk9NtjBCHAN9

Ady Water Ciracas
https://maps.app.goo.gl/DqFug6kKjX4P3K2u9